Untuk mempunyai sebuat website yang standard berikut beberapa hal
yang harus Anda siapkan.
Membuat sebuah website sama halnya dnegan membangun sebuah rumah.
Dimana ada pintu, jendela, tembok, cat tembok dan kumpulan bahan baku seperti kayu
dan paku-paku. Tentunya Anda tidak perlu melakukan itu semua apabila
pembuatan sebuah rumah dikerjakan oleh Tim Arsitek untuk desainnya dan kontraktor
untuk pembangunannya:)
Blueprints? Perencanaan? Sepertinya Anda tidak ada waktu untuk itu semua :)
Coba Anda pikirkan kembali. Bila Anda membuat suatu website, Anda harus memulainya dengan perencanaan.
Rencana yang efektif dimulai dengan lengkapnya informasi yang diperoleh, dan untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan Anda perlu menyiapkan pertanyaan-pertanyaan yang relevan.
Pada pembahasan ini kami akan mengarahkan Anda untuk memulai mendapatkan informasi dari proses berikut.
Proses-proses tersebut meliputi (Latar belakang, Pengunjung Web, Sources yang ditampilkan, Kompetisi dan Konten).
Dari proses-proses diatas sebaiknya dilibatkan pula devisi-devisi yang terdapat pada organisasi dari perusahaan Anda
untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Sekarang Anda siap menuliskan rencana-rencana tersebut?
Latar belakang
1. Tujuan. Tuliskan tujuan utama dari pembuatan website?
Untuk perusahaan / untuk brand perusahaan
Produk / servis yang ingin ditonjolkan
Produk / penjualan
Pembentukan komunitas online
Entertainment
Transpormasi ilmu dan
Komunikasi internal
Apakah dengan mempunyai sebuah website bisa sejalan dengan bentuk promosi dan strategi marketing yang sudah berjalan?
Deadline. Anda perlu menuliskan kapan website Anda selesai dibuat serta pengimplemetasiannya.
Biaya. Anda perlu menyiapkan batasan biaya berhubungan dengan kompleksitas yang web yang Anda inginkan.
Ukuran. Anda perlu mengukur bagaimana suksesnya web Anda? Dengan peningkatan order, jumlah pengunjung, website rangking dsb.
Langkah selanjutnya adalah:
Pengunjung
Eksternal pengunjung. Siapa saja pengunjung Eksternal Anda? Coba Anda pertimbangkan
Pengunjung dari kolega yang sekarang
Potensial pengunjung
Suplier Anda
Profesional / organisasi perdagangan
Investor
Kompetitor
Pelajar/mahasiswa dan
Anak-anak
Internal pengunjung. Siapa saja pengunjung Internal Anda? Coba Anda pertimbangkan
Semua karyawan
Manajemen
Marketing / sales
Operational dan IT devisi
Sub group - Anda perlu siapkan juga sub group yang bisa terbentuk dari kategori pengunjung
diatas. Pelajari interest, kemampuan teknik dan spesialisasi dari kategori pengunjung dan sub group di bawahnya.
Langkah selanjutnya:
1. Ciptakan suatu rangking dari daftar pengunjung
2. Buat penanda dari daftar utama pengunjung dengan tujuan yang diharapkan
3. Ciptakan fungsi kegunaan fitur web berdasarkan daftar tujuan pengunjung diatas
Resource
Aturan proyek. Tentukan siapa-siapa saja yang bertanggung jawab dalam manajemen konten dan teknikal support nantinya.
Kemampuan Tim. Kemampuan Teknikal dan manajemen konten apa saja yang dimiliki oleh tim Anda.
Langkah selanjutnya:
Untuk tiap sumber informasi, Anda perjelas dan lakukan training untuk software, hardware, penjadwalan dan pembiayaan.
Kompetisi
Indetifikasi siapa saja kompetitor Anda. Pelajari website kompetitor Anda dan kembangkan fitur-fitur apa saja yang sesuai untuk website Anda.
Element-element utama. Identifikasi element-elemen utama yang dimiliki oleh kompetior Anda.
Fungsi-fungsi fitur
Teknologi yang digunakan
Kelengkapan konten
dan look serta feel dari website tersebut
Langkah selanjutnya
1. Buat tabel analisa dari fungsi-fungsi yang perlu dimasukkan kedalam website Anda ataupun yang tidak perlu.
2. Pada umumnya, kunjungi lagi website kompetitor Anda dan update hasil analisa Anda.
Konten
Kenali fungsi dari konten website Anda. Fungsi konten yang seperti apa yang bisa ditawarkan oleh website Anda? Pertimbangkan
ecommerce/shopping cart
site search
Customer service/support
Technical support
Forum
Newsletter
Catalog/information
Order form
Member logon
Password protected areas
dan SSL-encrypted areas
Informasi
Informasi penunjang yang harus dimiliki oleh website Anda? Pertimbangkan
About us page
Contact us page
copyright notice
dan privacy statement
Struktur. Bagaimana hirarki website Anda?
Untuk tiap konten apakah masih terdapat informasi tambahan atau tidak.
Menu utama website Anda bisa diidentifikasi dengan:
Tiap menu utama mempunyai page sendiri
Semua menu utama web mempunyai sub menu
Tambahan page berdasarkan konten
Untuk kemudahan pengaksesan konten, gunakan tiga level struktur web.
Langkah selanjutnya:
1. Deskripsikan secara detail fungsi dari fitur yang terdapat didalam website Anda.
2. Identifikasikan resource yang dibutuhkan, dan teknikal maupun biaya lain yang bisa
bertambah dengan penambahan fitur.
3. Sediakan informasi secara detail untuk setiap elemen.
4. Perjelas pembagian delegasi tanggung jawab untuk menu-menu utama website Anda.
Happy planning!
Halina Reijn explains Babygirl’s trojan horse of sexual tension
12 jam yang lalu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar